Selasa, 09 Oktober 2012

Tips Berpromosi melalui Facebook

Seorang pelaku bisnis dituntut untuk selalu kreatif memanfaatkan berbagai media untuk berpromosi demi meningkatkan angka penjualan produk atau jasa bisnisnya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi dan terbukti efektif adalah media jejaring sosial Facebook.
Data terakhir menyebutkan bahwa pengguna Facebook di seluruh dunia tidak kurang dari 1 miliar. Dan, para pengguna Facebook umumnya sangat intens membuka akun miliknya, sekadar untuk mengetahui perkembangan aktivitas teman-teman mereka atau memperbarui status.
Kondisi ini sangat menguntungkan para pelaku bisnis yang ingin berpromosi melalui media ini. Sebab, intensitas para pengguna Facebook yang tinggi dalam membuka akun miliknya akan membuat iklan dari seorang pelaku bisnis dapat menerpa mereka secara berulang kali dan dapat menjangkau banyak sekali orang. Promosi melalui facebook dapat dilakukan secara gratis atau berbayar. Berikut adalah tips berpromosi gratis di Facebook.
  1. Membuat akun akun facebook.
  2. Ajukan permintaan pertemanan ke sebanyak mungkin orang dan terimalah permintaan pertemanan dari orang lain sebanyak-banyaknya.
  3. Optimasi profile Facebook Anda dengan memasukkan segala informasi tentang produk anda dan buatlah tautan ke blog atau situs web, video, foto produk, dan segala jenis informasi terkait produk. Dengan demikian, para pengunjung akan memperoleh informasi yang lengkap dengan mudah.
  4. Buatlah link atau tautan alamat blog atau situs web Anda yang berisi informasi mengenai produk yang tawarkan pada status Anda.
  5. Buatlah grup dan undang teman-teman Anda untuk bergabung sebagai anggota. Makin banyak anggota, makin besar peluang produk Anda dikenal oleh calon konsumen Anda. Jangan lupa untuk mengelola grup yang telah Anda buat secara profesional.
  6. Bergabunglah dengan grup dengan topik yang relevan dengan bisnis Anda Anda. Selalulah mencantumkan alamat situs atau blog Anda sebagai signature keanggotaan Anda sebagai sarana promosi.
  7. Berikan informasi penting tentang produk anda, tips, diskon, atau promosi harga melalui status yang Anda buat.
  8. Selalu berikan balasan atas pesan atau komentar yang masuk ke akun Facebook Anda. Interaksi yang terjalin dengan baik akan mendekatkan Anda dengan teman-teman Anda di Facebook sehingga mereka tidak akan melewatkan setipa pesan yang Anda sampaikan, termasuk pesan yang bermuatan iklan.
Dengan cara-cara yang benar, Facebook akan menjadi media promosi yang efektif bagi bisnis Anda hingga Anda akan meraih sukses dalam bisnis.